Senin, 02 Januari 2012

ETOS DAGANG ORANG JAWA 2

         Berbicara manusia tidak lepas dari budaya, setiap orang atau individu terbentuk dari lingkungan daerah setempat. Kebiasan dan tata cara pada tempat tersebut, akan membentuk sesorang menjadi diri sendiri sesuai dengan budaya pada tempat dimana seseorang tinggal. Pembentukan karakter merupakan proses perjalanan mencari jati diri yang membutuhkan proses sangat panjang tidak cukup 1 atau 2 tahun bahkan sampai puluhan tahun. Dalam membuktikan sebuah kebenaran perlu adanya pembuktian, ada pengecualian tentang kebenaran AlQur'an merupakan kebenaran mutlak dan tak bisa disanggah. Manusia lahir sudah dinaskan dalam arti setiap manusia lahir sudah mempunyai bakat dasar tinggal manusianya, bagaimana mereka bisa membuka potensi pada dirinya. Sehingga apa yang telah di kodratkan allah SWT bisa digunakan dalam kehidupn untuk kebaikan.
          Sejarah kehidupan orang jawa berbagai macam karakter dan kebiasan. Seorang pengabdi negara, pengabdi sosial, pedagang, buruh, petani dan sejenisnya mempunyai karakter tersendiri, contoh seorang pejabat lebih banyak berkrakter sebagai seorang raja sehingga dalam satu titik perubahan sangat sulit untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan yang merata. Hampir diberbagai belahan daerah tanah jawa demikian, perlu kita telusuri apa karakter terbentuk karena Pemerintahan Belanda lama berabad abad menjajah Tanah Nusantara atau memang karakternya orang jawa.
           Panjang jika menceritakan tentang karakter orang jawa dalam kesempatan ini. Mari bersama ungkap kebenaran ETOS DAGANG ORANG JAWA dengan singkat. Di daerah Ponorogo ada seorang pedagang setiap harinya berangkat kepasar jam 4 pagi dengan menempuh jarak 5 km dan itu dilakukan puluhan tahun sampai sekarang usia hidupnya lebih dari 60 tahun. Satu lagi dia seorang penjual opak dan krupuk setiap hari berjalan 10 km untuk menawarkan barang jualannya. Apa yang di peroleh dari selama hidupnya dan banyak sekali fenomena yang tersembunyi. Untuk mengungkap kesuksesan atau membuka rahasia sukses orang jawa tidak sulit dan perlu riset yang begitu lama.
            Karakter orang jawa, nerimo, sabar, ati- ati, ngormati dan titen. Nerimo artinya menirima atas semua rizki yang diberikan allah SWT. Sabar lebih kedalamnya menanti saat turunnya rizki dari allah dengan rasa syukur di aktualkan semakin banyak ibadah mendekat kepada sang pencipta. Ati-Ati sama dengan waspada lebih bermakna penuh perhitungan dalam mengambil perhitungan. Titen sama halnya teliti dalam bertindak, masa lalu sebagai pembelajaran yang tidak terlupakan. Ada tujuh hal menjadi prinsip sukses orang jawa sebagai awal pembuka lima hal tersebut bisa membawa seseorang menjadi sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUDA ENTREPRENEUR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Bambang Indrayana KPI
Proudly powered by Blogger